02
Apr
08

Mengelola Hati

“jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan” (Amsal 4:23)

Sebuah rumah akan sehat dan nyaman, kalau bersih dari segala kotoran, resik dan asri. Demikian juga hati, hati yg bersih dari segala kotoran (dendam, amarah, kebencian, ketamakan, iri hati, penyesalan berkepanjangan, dan perasaan negatif lainnya)akan membuat hidup kita sehat dan nyaman. Sudah lama para ahli membuktikan bahwa ada kaitan yg sangat erat antara kesehatan tubuh jasmani dan produktivitas seseorang dengan hati. Seperti yg di katakana dlm Amsal, “Hati yg gembira adlh obat yg manjur, tetapi semangat yg patah mengeringkan tulang” (Ams 17:22)
Oleh karena itu mengelola atau menjaga hati itu penting. Penting karena tiga alasan, pertama supaya hidup kita tetap terarah pada tujuan kita yg utama dan terutama yaitu Tuhan sendiri. Kekayaan, kesehatan, popularitas, dan hal2 lain yg ada pd kita sekarang akan kita tinggalkan, mengelola hati berarti tidak membiarkan hati kita melekat pada hal2 itu. Ini penting karena tidak sedikit org yg sadar atau tidak sadar menjadikan semua itu sebagai tujuan hidupnya.
Kedua, cerah – suram, dama – gersang, baik – buruk hidup ini sangat tergantung pada hati. Sebab hati kita sangat menentukan bagaimana kita memandang sesuatu atau sebuah keadaan; bagaimana kita memandang (pola pikir) sangat menentukan sikap, tindakan dan reaksi kita; dan sikap, tindakan serta reaksi kita akan sangat menentukan apakah sebuah keadaan itu akan menjadi baik dan buruk bagi kita . ketiga, menjaga hati penting agar relasi kita dengan Tuhan, sesama, diri sendiri bahkan alam semesta terjaga dengan baik. Kalau hati kaya dgn ungkapan syukur dan penyerahan diri kpd Tuhan, tdk ada niat2 buruk terhadap orang, menerima diri apa adanya, dan dipenuhi dengan cinta, maka relasi kita akan bergulir dengan baik dan harmonis. Berjalanlah dengan cinta; cinta kepada Tuhan, cinta kepada sesama, cinta kepada diri sendiri, cinta kepada alam semesta, maka hidup ini akan terasa lebih ringan dan cerah.
Lalu bagaiman agar kita dapat menjaga hati? Ada tiga juga: pertama, berdoa agar Tuhan Sang Pemilik Sejati Hati kita, menolong kita untuk memiliki hati yg mengasihi, hati yg bersyukur, hati yg pemaaf, hati yg sabar, dsb. (Ams 30:7-9) Kedua, evaluasi diri (sendiri maupun bersama orang lain). Ketiga, saat teduh pribadi (meditasi: tenangkan diri dlm suasana hening, tenang) rasakan kasih dan kehadiran Tuhan dalam setiap helaan napas kita. Amien! ^_^


0 Responses to “Mengelola Hati”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Jumlah Pengunjung

  • 303,237 pengunjung

Kategori

http://www.4shared.com/folder/oqQSrcaJ/_online.html

berdoalah terus sampai sesuatu/mujizat terjadi

jadilah orang benar, jadilah menurut kehendakmu sesuai dengan imanmu

THANK YOU LORD FOR ALL YOU’VE GIVEN TO ME, Thank you Lord FOR ALL THE BLESSING THAT I CANNOT SEE

Thx sudah mampir.. :)..Gbu..


%d blogger menyukai ini: